Mendaftarkan Blog dan Verifikasi di Google Webmaster Tool

Alroud Blog | Salah satu langkah penting untuk mengoptimalkan blog Anda di SERP Google ialah dengan cara mendaftarkan blog Anda di Google Webmaster Tools dan memverifikasinya secara manual. Google Webmaster Tools ialah salah satu tool SEO gratis yang paling akurat yang dapat Anda gunakan untuk melihat kinerja situs Anda di google. Selain itu Anda juga dapat mengetahui halaman apa yang perlu Anda optimalkan untuk menerima peringkat yang lebih baik di Google.

Meskipun blogger secara otomatis sudah terverifikasi , alangkah baiknya Anda melaksanakan verifikasi manual di webmaster Tools untuk memastikan kepada Google bahwa Andalah yang memiliki blog tersebut. Nah , kalau Anda sedang mencari bagaimana cara memverifikasi blog blogger Anda Di Google Webmaster Tools? Berikut ialah cara untuk melakukannya.


Cara Menambahkan Blog Di Google Webmaster Tool

Pertama: Silahkan masuk di Webmaster Tool dengan akun Google Anda. Jika Anda mau Anda mampu merubah bahasa dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Sign-in dengan akun Google
Sign-in dengan akun Google

Kedua: Setelah Anda berhasil sign-in di webmaster tool , silahkan masukkan alamat situs atau blog Anda di kotak ADD PROPERTY. Contoh penulisan alamat; http://www.buatblog.net/ setelah itu klik ADD PROPERTY untuk menambahkan blog Anda di google webmaster tool.

Masukkan Alamat Situs Anda
Masukkan Alamat Situs Anda

Ketiga: Pada halaman selanjutnya , Anda akan di bawa masuk ke home dashboar Webmaster Tool. Pada tahap ini Anda sudah berhasil mendaftarkan blog ke webmaster tool , selanjutnya tinggal verifikasi manual untuk mebuktikan kepada Google bahwa blog yang Anda daftarkan di webmaster tool itu milik Anda.

Dashboard Webmaser tool Anda
HOME

Cara Verifikasi Blog Blogger Anda Ke Webmaster Tool

Pertama: Silahkan klik gambar Gerigi di pojok kanan atas webmaster tool , kemudian klik pada goresan pena "Verification Details" untuk memulai memverifikasi.

klik pada verifikasi detail
Klik Pada Gambar Gerigi
Kedua: Langkah selanjutnya klik pada goresan pena "Verify Using A Different Menthod" untuk langkah selanjutnya.

lalu klik pada Verify Using A Different Menthod
Klik Pada Verify Using A Different Menthod
Ketiga: Pada halaman selanjutnya , Anda akan disuguhi beberapa metode untuk memverifikasi blog Anda. Saran saya pilih HTML tag karena lebih mudah digunakan. Caranya copy arahan yang terdapat di dalam HTML tag. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

Copy arahan HTML kemudian masuk di Blogger Anda
Copy arahan HTML kemudian masuk di Blogger Anda
Keempat: Kemudian silahkan masuk ke Blogger Anda , pilih salah satu blog Anda yang ingin di daftarkan ke webmaster tool. Kemudian klik pada Template -> Edite Templat lalu cari arahan <head> kemudian pastekan arahan HTML tersebut tepat di bawah arahan <head>. Kemudian simpan Template dan silahkan kembali lagi ke webmasters tool lalu klik pada "Verify".

Apabila arahan yang anda letakan pada template tadi sudah benar , pada dikala anda klik "VERIFY" blog anda sudah berhasil di verifikasi oleh Gooale Webmaster.

Cara Submit Sitemap di Google Webmaster Tool

Submit sitemap di webmasters tools hukumnya ialah wajib dan tidak boleh di tinggalkan , sebab dengan mengirimkan sitemap Artikel Anda lebih cepat terindex oleh Google.

1.Silahkan masuk di Dasboar Webmasters Tools.

alat untuk Submit Sitemap Blog di Google Webmasters Tools


2.Lihat sebelah kanan dan klik Crawl >> Sitemaps.

klik sitemap untuk melaksanakan Submit Sitemap di Webmasters Tools


3.Lihat pojok kanan Atas dan klik ADD/TEST SITEMAP.

-Silahkan lakukan test dulu sebelum menambahkan sitemap.

-Setelah di test tidak terjadi error , silahkan kirim sitemap situs Anda.

silahkan Submit Sitemap Blog Anda di Google Webmasters Tools disini

4.Silahkan submit sitemap satu persatu dari keenam sitemap di bawah ini , dengan cara yang sama.
  • atom.xml
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  • atom.xml?redirect=false
  • feeds/posts/default?alt=rss
  • feeds/posts/default?orderby=updated
  • rss.xml
5.Setelah Anda melaksanakan submit , silahkan Anda tuggu sampai semu sitemap terindex.

- Butuh beberapa hari untuk mengindex semua sitemap tersebut.

Dengan menambahkan peta situs tersebut , setiap saya posting tidak menunggu lama artikel saya sudah terindex oleh google.

Begitulah cara mendaftar dan verifikasi blog di google webmasters tool , biar bermanfaat.



6:41 PM