2 Macam Bantuan Kredit Modal Usaha Untuk Pengusaha Pemula


Apa sajakah type pertolongan credit modal usaha untuk pelaku bisnis? Memperoleh pertolongan modal usaha dengan credit yaitu suatu hal yang begitu diharap-harapkan oleh beberapa entrepreneur. Mereka yang meniti usaha baru umumnya alami kendala dalam soal modal, tersebut kenapa pertolongan credit modal begitu bermakna untuk mereka.

Berita baiknya, nyatanya ada program pinjam uang tunai dari pemerintah untuk modal usaha. Program itu cuma bisa dibarengi oleh pebisnis menengah ke bawah atau UMKM. Argumennya, UMKM adalah satu diantara komponen perlu dalam perubahan ekonomi di Indonesia sekarang ini.
Program Pertolongan Credit Modal Usaha dari Pemerintah

Program ini begitu menolong beberapa entrepreneur pemula karna terkecuali memberi modal usaha, pemerintah juga memberi tuntunan serta pengarahan. Tujuannya yaitu supaya beberapa entrepreneur lokal bisa berkompetisi di masa Orang-orang Ekonomi Asia (MEA).

Di bawah ini bentuk program dari pemerintah itu :

1. Program Wiraswasta Pemula

Program ini spesial untuk beberapa entrepreneur yang tetap dalam step pengembangan di daerah yang masih tetap masuk dalam Lokasi Ekonomi Spesial (KEK) serta Daerah Grup Berpenghasilan Rendah.

Lewat program ini, orang-orang ekonomi kecil memperoleh pertolongan modal untuk tingkatkan usahanya. Dana yang diberikar yaitu Rp10. 000. 000, - hingga Rp15. 000. 000, - per orang yang sudah lolos dalam seleksi program itu.

Di bawah ini yaitu prasyarat yang perlu dipenuhi oleh beberapa peserta :

Entrepreneur yang berumur maksimum 45 tahun
Pendidikan minimum SMP atau sederajat
Usaha yang dipunyai mesti telah jalan sepanjang 6 bln. sampai 3 th., dengan prasyarat belum juga sempat terima pertolongan dana tunai usaha dari Kementrian Koperasi serta UKM.
  • Foto copy KTA
  • Foto copy NPWP
  • Surat Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK)
  • Surat domisili
  • Sertifikat pembekalan kewirausahaan maksimum 2 th. sebelumnya th. biaya berjalan
  • Foto copy rekening tabungan
  • Gagasan usaha
Sesudah semuanya dokumen yang disuruh disediakan, jadi entrepreneur bisa segera mengirimnya lewat situs http://pembiayaan.depkop.go.id. Anda dapat juga segera mendatangi kantor dinas koperasi serta UKM setempat.

2. Credit Usaha Rakyat (KUR)

KUR yaitu program utang dana tunai yang di tawarkan oleh Kementrian RI lewat Bank BUMN yang ditunjuk oleh pemerintah. Utang ini diberi pada aktor usaha yang dipandang miliki prospek bagus. Jumlah pinjamannya dari mulai Rp5. 000. 000, - sampai Rp500. 000. 000, - per orang yang sudah lolos.

Lamanya credit usaha itu yaitu 5 th., tetapi dapat diperpanjang sampai 10 th.. Untuk aktor usaha yang meminjam modal dibawah Rp25. 000. 000, - tidaklah perlu memasukkan agunan.

Di bawah ini yaitu prasyarat yang perlu dipenuhi oleh beberapa peserta :
  • KTP sendiri serta pasangan (bila telah menikah)
  • KK
  • Surat nikah
  • NPWP
  • SIUP/TDP
  • Proposal usaha yang dibarengi dengan neraca keuangan usaha sepanjang 6 bulan
Apabila utang diatas Rp25. 000. 000, - jadi mesti mempersiapkan asset bernilai yang jadikan agunan. Diluar itu, aktor usaha harus juga mempunyai rekening tabungan di bank BUMN itu.

Sebagian bank yang ditunjuk untuk credit pertolongan modal ini salah satunya ; BNI, BRI, BTN, BUKOPIN, Mandiri, serta Mandiri Syariah. Untuk info selanjutnya, Anda dapat menghubungi bank berkaitan.



10:25 PM